Minggu, 22 September 2013

MEKANISME KATUP OHV DAN OHC

Mesin 4 langkah mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Campuran udara bahan bakar masuk ke silinder melalui katup masuk, dan gas bekas keluar melalui katup buang. Mekanisme yang membuka dan menutup katup - katup ini disebut mekanisme katup. Berikut ini tipe mekanisme katup yang banyak dibuat oleh pabrik : 1. Over Head Valve (OHV) Mekanisme katup ini sederhana dan high relibiality. Penempatan camshaft-nya pada blok silinder, dibantu dengan valve lifter dan push rod antara rocker arm. overhead-valve-mechanism.jpg 2. Over Head Camshaft (OHC) Pada tipe ini camshaft ditempatkan di atas kepala silinder, dan cam langsung menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter dan push rod. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau tali penggerak. Tipe ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan OHV tetapi tidak menggunakan lifter dan push rod sehingga berat bahan yang bergerak menjadi berkurang. Kemampuannya pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup - katup membuka dan menutup lebih tetap pada kecepatan tinggi. ultra300.gif

Arsip Blog