Minggu, 22 September 2013
MEKANISME KATUP OHV DAN OHC
Mesin 4 langkah mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Campuran udara bahan bakar masuk ke silinder melalui katup masuk, dan gas bekas keluar melalui katup buang. Mekanisme yang membuka dan menutup katup - katup ini disebut mekanisme katup. Berikut ini tipe mekanisme katup yang banyak dibuat oleh pabrik : 1. Over Head Valve (OHV) Mekanisme katup ini sederhana dan high relibiality. Penempatan camshaft-nya pada blok silinder, dibantu dengan valve lifter dan push rod antara rocker arm. 2. Over Head Camshaft (OHC) Pada tipe ini camshaft ditempatkan di atas kepala silinder, dan cam langsung menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter dan push rod. Camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau tali penggerak. Tipe ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan OHV tetapi tidak menggunakan lifter dan push rod sehingga berat bahan yang bergerak menjadi berkurang. Kemampuannya pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup - katup membuka dan menutup lebih tetap pada kecepatan tinggi.
Langganan:
Postingan (Atom)
Mengenai Saya
Arsip Blog
- Nov 19 (1)
- Jun 06 (1)
- Okt 11 (1)
- Jul 18 (2)
- Jul 17 (1)
- Jun 21 (1)
- Jun 16 (1)
- Jun 09 (1)
- Jun 06 (1)
- Jun 05 (1)
- Jun 02 (1)
- Jun 01 (3)
- Mei 31 (1)
- Mei 30 (1)
- Mei 27 (2)
- Mei 19 (1)
- Mei 18 (2)
- Mei 11 (1)
- Mei 10 (1)
- Mei 03 (2)
- Mei 01 (2)
- Apr 30 (1)
- Apr 23 (1)
- Apr 20 (1)
- Apr 19 (1)
- Apr 17 (1)
- Apr 04 (1)
- Apr 01 (1)
- Mar 31 (1)
- Mar 29 (1)
- Mar 17 (1)
- Mar 14 (1)
- Mar 13 (1)
- Mar 11 (1)
- Mar 09 (1)
- Mar 08 (1)
- Mar 07 (1)
- Mar 06 (11)
- Apr 22 (2)
- Nov 04 (1)
- Okt 05 (1)
- Okt 01 (1)
- Sep 28 (1)
- Sep 27 (1)
- Sep 22 (1)
- Sep 21 (2)
- Sep 16 (1)
- Jul 22 (1)
- Jul 18 (1)
- Jul 10 (1)
- Jul 09 (1)
- Jul 08 (3)
- Jun 27 (1)
- Jun 26 (3)
- Feb 09 (1)
- Feb 03 (2)
- Jan 28 (1)
- Jan 26 (3)